Senin 21 Sep 2015 04:48 WIB

Delapan Tokoh Masuk Bursa Calon Gubernur DKI Jakarta

Rep: C26/ Red: Ilham
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Foto: Antara
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta masih dua tahun lagi. Meski demikian, kesemarakannya terasa mulai dari sekarang. Aroma persaingan kuat ditandai dengan munculnya beberapa nama tokoh nasional yang akan dicalonkan.

Nama-nama yang digadang menjadi calon pun dinilai cukup familiar. Mulai dari gubernur saat ini Basuki Tjahaja Purnama, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini hingga Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, serta pengamat ekonomi Sandiaga Uno. Bahkan, yang terbaru dan sudah menyatakan siap maju dalam Pilgub 2017 mendatang adalah Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

Berikut delapan nama yang mencuat sebagai calon kandidat Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub 2017:

Basuki Tjahaja Purnama

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menegaskan dirinya akan maju di pemilihan gubernur (Pilgub) DKI 2017 mendatang. Alasannya untuk maju lagi adalah untuk membuktikan bahwa dirinya masih berpeluang menang.

"Harus maju dong. Supaya buktiin sama Taufik (Wakil Ketua DPRD DKI), laku nggak laku, minimal aku lebih laku daripada dia lah," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (4/9).

Menurut Ahok, suatu kebanggaan apabila bisa dipilih kembali oleh rakyat. Dibanding harus dipilih langsung oleh presiden. Hal ini sesuai rencana revisi UU Nomor 29 Tahun 2007, di mana rencananya gubernur DKI Jakarta akan dipilih presiden.

Dia menyebut ide revisi tersebut sudah lama diusulkan sejak zaman Sutiyoso yang menjabat gubernur. Sutiyoso menginginkan gubernur DKI Jakata dipilih langsung oleh presiden. Dengan begitu, jabatan gubernur bisa menjadi setara menteri.

Hanya DKI Jakarta, ujar dia, yang pemilihan gubernurnya seperti kualifikasi presiden. Namun ia mengaku tetap lebih setuju dipilih oleh rakyat. "Kalau buat saya pribadi sih saya lebih suka dipilih rakyat dong. Lebih keren dong dipilih rakyat," ujarnya.

sumber : Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement