Selasa 15 Sep 2015 21:39 WIB

Paloh: Anggota DPR Perlu Etika

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.
Foto: Antara
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan anggota legislatif dalam menjalankan tugasnya harus berpijak pada etika dan akal sehat.

"Tugas DPR macam-macam, tapi yang penting harus berpijak pada etika dan akal sehat yang mengikat fungsi dan peran hak anggota dewan," katanya di Jakarta, Selasa (15/9).

Ia mengatakan perilaku pimpinan DPR yang hadir dalam konferensi pers dan kampanye pebisnis asal Amerika Serikat Donald Trump merupakan tindakan yang tidak wajar. Surya mengatakan bahwa hal tersebut merupakan pelanggaran etika apapun dalihnya.

"Tapi kini telah masuk ke pembahasan Mahkamah Kehormatan Dewan, jadi berikan kesempatan kepada mereka untuk mengevaluasi," ujarnya.

Lengser atau tidaknya anggota dewan yang terlibat dalam kegiatan konferensi pers Donald Trump di AS merupakan kewenangan MKD, kata Surya. Ia juga mengingatkan bahwa anggota dewan harus menjaga perilakunya karena rakyat sudah masuk tahapan sinis pada DPR.

"Anggota DPR tidak punya wibawa yang kuat. Ini pelajaran, bangsa kita butuh tampilnya keteladanan dari mereka yang memiliki amanah," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement