Jumat 11 Sep 2015 16:39 WIB
JK Versus Rizal Ramli

MPR: Tidak Etis Internal Pemerintah Bertengkar

Rep: Agus Raharjo/ Red: Ilham
Ketua MPR Zulkifli Hasan memberikan kuliah umum di kampus UMM.
Foto: MPR
Ketua MPR Zulkifli Hasan memberikan kuliah umum di kampus UMM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR, Zulkifli Hasan menegaskan, pertengkaran dalam internal pemerintah tidak boleh dilakukan. Terlebih perang pendapat ini dilakukan secara terbuka melalui media massa. Seharusnya pemerintahan menunjukan kekompakkan.

“Harusnya pemerintah kompak, tidak etis kalau pemerintah, apalagi antar menteri bertengkar di media, tidak layak,” kata dia di kompleks parlemen Senayan, Jumat (11/9).

Menurut Zulkifli, kalau ada perbedaan sesama pemerintah, sebaiknya dibahas dan diselesaikan di dalam internal rapat kabinet. Bukan justru diumbar ke media sehingga seluruh rakyat Indonesia mengetahui perbedaan pendapat di antara sesama pelaksana pemerintahan.

Mantan Menteri Kehutanan ini menceritakan pengalamannya, selama di kabinet era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak ada menteri yang perang pendapat di media. Kalaupun ada perbedaan pendapat soal kebijakan, selalu diselesaikan lewat rapat internal. Sebab, dengan mempertontonkan perbedaan pendapat sesama menteri pada publik justru membuat kondisi semakin gaduh dan tidak etis dilihat publik.

“Selalu saya sampaikan kalau etikanya apapun perbedaan dalam pemerintah, ada rapat kabinet, rapat terbatas, rapat antar Menko, ada Wapres, selesaikan di internal,” imbuh dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement