Selasa 08 Sep 2015 00:53 WIB

Surono: Pemerintah Belum Berhasil Manfaatkan Keunikan Gunung Berapi

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani
Surono
Surono

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM - Ahli Vulkanologi, Surono mengatakan Indonesia memiliki sekitar 127 gunung merapi. Namun, dari gunung-gunung yang ada, pemerintah Indonesia belum berhasil memanfaatkan keunikan tersebut. Bahkan, guide-guide bagi turis yang memiliki minat khusus kepada gunung belum diberikan pembekalan dengan baik.

“Indonesia memiliki banyak gunung merapi sebanyak 127 gunung. Namun boleh dikatakan belum berhasil memanfaatkan keunikan daripada bentang alam di Indonesa,” ujarnya kepada wartawan di Kota Mataram, Senin (7/9).

Tidak hanya itu, ia menuturkan, gunung merapi memiliki keindahan dan mampu menyuburkan daerah disekitarnya. Sehingga, memiliki daya tarik bagi wisatawan. Bahkan, hampir gunung api yang aktif memiliki produk unggulan.

“Misal Merapi punya Salak Pondoh, jeruk Medan dari Sinabung dan Tembakau yang dihasilkan dari Rinjani dan Tambora. Namun orang-orang belum melihat itu hanya melihat faktor subur saja,” ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah Indonesia belum memanfaatkan keberadaan gunung yang ada sebagai ikon. Bahkan, anggapan yang beredar adalah masyarakat yang berada di pegunungan masih tertinggal.

Ia menuturkan, gunung merapi memiliki kesuburan dan mampu menyimpan air. Namun, belum pernah gunung api menjadi ikon modern padahal dulu gunung api ditempatkan sebagai ikon yang dihormati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement