Senin 07 Sep 2015 19:19 WIB

BNP2TKI Urusi Pemulangan Empat Jenazah Korban Kapal Tenggelam

Kepala BP3TKI Medan Syahrum, seusai mengantar jenazah Ismadani, di Binjai, Medan, Senin (7/9).
Foto: bnp2tki
Kepala BP3TKI Medan Syahrum, seusai mengantar jenazah Ismadani, di Binjai, Medan, Senin (7/9).

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui jajarannya di Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Medan mendampingi langsung proses pemulangan jenazah TKI yang menjadi korban tenggelamnya kapal kayu di Malaysia, Kamis (3/9) lalu.

Empat tim dari BP3TKI Medan ditugaskan untuk mengantar empat jenazah hingga ke rumah masing-masing dan memberikan santunan secara langsung untuk pemakaman.

"Yang antar saya sendiri dan staf lainnya ke rumah masing-masing korban," kata Kepala BP3TKI Medan Syahrum, seusai mengantar jenazah Ismadani, di Binjai, Medan, Senin (7/9).

Keempat jenazah korba insiden tersebut dipulangkan hari ini melalui Bandara Kualanamu. Mereka adalah adalah Maharani (Binjai), Winda Mandasari (Belawan, Medan), dan Marta Berutu (Delitua, Medan). Saat serah terima dan penjemputan keempat jenazah tersebut, hadir juga Plt Gubernur Summatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Deputi Perlindungan BNP2TKI Lisna Yoeliani Poeloengan mengatakan, mereka yang menjadi korban tenggelamnya kapal kayu di Malaysia memang tidak punya dokumen resmi alias berangkat dengan jalur ilegal.

“Namun, sudah menjadi kewajiban pemerintah dan sebagaimana diinstruksikan Kepala BNP2TKI agar negara hadir atas persoalan yang dihadapi warga negaranya,” tegas Lisna.

Maka, selain menyiapkan ambulans di bandara guna memulangkan jenazah hingga rumah, pihaknya juga menyambangi langsung pihak keluarga atau ahli waris untuk memberikan dukungan moral serta memberikan santunan sosial.

Terkait dengan tenggelamnya kapal kayu di Malaysia tersebut, berdasarkan keterangan dari KBRI di Malaysia, hingga Ahad (6/9), total korban meninggal berjumlah 60 orang. Dari total 60 jenazah yang telah berhasil diidentifikasi, diketahui empat jenazah korban adalah TKI yang berasal dari Medan.

Selain pemulangan empat jenazah korban asal Medan, hari ini BNP2TKI melalui P4TKI Sidoarjo juga menyiapkan pemulangan tiga jenazah asal Jawa Timur. Ketiga jenazah tersebut yakni; Sunariyeh (Pamekasan), Suyanti (Kabupaten Blitar) dan MD Tosan (Pamekasan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement