Senin 07 Sep 2015 12:43 WIB

2016, DIY akan Launching Pelabuhan Tanjung Adikarto

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Indah Wulandari
Pemecah ombak di proyek Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kulonprogo, DIY
Foto: antaranews
Pemecah ombak di proyek Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kulonprogo, DIY

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA – Proyek Pelabuhan Tanjung Adikarto, DI Yogyakarta bakal dirilis pada Februari 2016 mendatang.

Hal itu dipastikan setelah dilakukan pengerukan alur dan kolam Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kulonprogo pada Desember 2015 mendatang. Sekaligus sosialisasi ke beberapa pelabuhan di luar DIY seperti Pacitan, Cilacap, dan lainnya.

‘’Sehingga diharapkan para nelayan dari Pacitan, Cilacap dan lain-lain bisa berlabuh di Pelabuhan Tanjung Adikarto,’’kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Suwarman pada Republika.co.id, Ahad (6/9).

Dia mengungkapkan, sebetulnya Pelabuhan Tanjung Adikarto bisa untuk mendarat kapal besar ukuran 150 gross ton. Namun untuk tahap awal, pada saat soft launching besok Februari akan dicoba dulu untuk kapal-kapal di bawah 60 gross ton, yakni 10-30 gross ton.

‘’Kami ingin mencari amannya dulu,’’kata Suwarman.

Dengan banyaknya nelayan yang mendarat di Pelabuhan Tanjung Adikarto nanti ekonomi di Kabupaten Kulon Progo akan berkembang, produksi ikan semakin meningkat.

Untuk meningkatkan kualitas nelayan Pemda DIY terus melakukan pelatihan bagi 90 kader nelayan dan memberikan sertifikasi bagi 90 nelayan profesional dalm bidang nakhoda kapal, navigasi serta bidang keselamatan.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement