Ahad 06 Sep 2015 21:45 WIB

Kota Bandung Miliki Microlibrary Pertama di Dunia

Rep: c01/ Red: Bilal Ramadhan
Wahana Ramah Anak-Anak. Anak-anak membaca koleksi buku di Perpustakaan Daerah DKI Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Rabu (8/7).
Foto:

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap tidak hanya anak muda saja yang nantinya akan turun terlibat dalam jalannya kegiatan Microlibrary Kelurahan Arjuna. Ridwan ingin Microlibrary Kelurahan Arjuna ini juga dapat menumbuhkan minat baca di kalangan warga dewasa.

Ridwan juga berharap Microlibrary Kelurahan Arjuna juga dapat menjadi sarana bagi anak muda untuk mengembangkan imajinasi dan membuka wawasan. Dengan begitu, para generasi muda tidak hanya menghabiskan waktunya dengan gadget canggih saja tetapi juga dengan membaca dan berkegiatan positif yang memperluas wawasan melalui Microlibrary Kelurahan Arjuna.

"Kebetulan ini kerjasama dari bantuan Dompet Dhuafa yang insyaAllah nanti akan terus dilaksanakan dengan pihak-pihak lain," ujar Ridwan.

Kepala Seksi Bidang Pengelolaan Perpustakaan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Kota Bandung, Neti Supriati, sejauh ini ada lebih dari 500 eksemplar buku yang terdapat di Microlibrary Kelurahan Arjuna.

Sebanyak 150 buku di antaranya merupakan sumbangan dari Dompet Dhuafa dan 387 buku lainnya dari Bapusipda Kota Bandung. Meski berdiri di Kelurahan Arjuna, Neti mengatakan perpustakaan ini terbuka untuk umum dan dapat dimanfaatkan oleh siapa saja.

Sedangkan peminjaman buku dapat dilakukan oleh warga yang telah mendaftar sebagai anggota. "Ini dikelola oleh Karang Taruna di bawah koordinasinya Pak Dede, Ketua RW 02," terang Neti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement