Kamis 03 Sep 2015 10:23 WIB
PAN gabung pemerintah

Soetrisno Bachir, Pintu PAN Dukung Jokowi-JK

Rep: DR Meta Novia/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Majelis Pertimbangan PAN Soetrisno Bachir (ketiga kanan).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ketua Majelis Pertimbangan PAN Soetrisno Bachir (ketiga kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik dari Indo Barometer M Qodari mengatakan, ia tak heran kalau akhirnya PAN merapat ke pemerintah. Sebab, tanda-tandanya sudah terlihat beberapa waktu lalu.

"Dengan pergantian Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menggantikan Hatta Rajasa maka sudah dipastikan arah  kebijakan akan berganti. Selain itu ada orang penting di PAN, Soetrisno Bachir yang sejak awal memang dekat dengan Jokowi-JK, makanya tak mengherankan kalau PAN akhirnya berbalik arah mendukung pemerintah," katanya, Kamis, (3/9).

Menurut Qodari, PAN merapat ke pemerintah kemungkinan besar pintunya dari Ketua MPP PAN Soetrisno Bachir. Sebab Soetrisno dari dulu memang condong mendukung pasangan Jokowi-JK ketimbang Prabowo-Hatta.

Secara hitung-hitungan politis, ujar dia, dengan merapat ke pemerintah maka posisinya PAN akan lebih aman secara politik. Meskipun ada penjelasan normatif, yakni memperkuat jalannya pemerintah di tengah situasi ekonomi yang sulit, hal itu dinilainya sebagai sekadar alasan.

"Saya kira ada benarnya juga PAN mendukung pemerintah. Sebab di tengah situasi ekonomi yang sulit pemerintah membutuhkan dukungan yang banyak," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement