Jumat 21 Aug 2015 21:22 WIB

Kemendikbud Bantu Revitalisasi Taman Budaya Sumsel

Rep: Maspril Aries/ Red: Karta Raharja Ucu
Irene Camelyn
Foto: Antara
Irene Camelyn

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Disbudpar Sumsel) merencanakan melakukan revitalisasi terhadap taman budaya yang ada di daerah ini.

“Tahun ini kita akan melaksanakan revitalisasi taman budaya yang ada di Sumsel. Saat ini sudah dilaksanakan focus group discussion atau FGD untuk mempersiapkan detail engineering design atau DED dari taman budaya tersebut,” kata Irene Camelyn pelaksana tugas (Plt) Kepala Disbudpar Sumsel, Jumat (21/8).

Menurut Irene rencana revitalisasi taman budaya Sumsel tersebut telah mendapat persetujuan dan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Kemendikbud akan membantu pendanaan bagi revitalisasi taman budaya tersebut,” ujarnya.

Irene belum bisa menjelaskan besarnya bantuan dana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berasal dari APBN tersebut. “Kita harapkan dengan dukungan dana dari APBN, ini bisa meringankan pendanaan dari APBD dan bisa mendorong gairah berkesenian dan aktivitas kebudayaan di Sumsel semakin semarak, yang juga kita harapkan bisa mendorong perkembangan pariwisata di Sumsel,” katanya.

Untuk mendukung pelaksanaan revitalisasi tersebut Irene Camelyn melakukan restrukturisasi kelembagaan di lingkungan Disbudpar Sumsel dengan membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya. “UPTD ini nantinya akan mencakup pengelolaan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Situs Purbakala Bukit Siguntang dan komplek taman budaya di Jakabaring,” kata mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel.

Selain itu untuk mendukung pengelolaan taman budaya di Sumsel, menurut Irene, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel akan mendorong lahirnya peraturan daerah yang mengatur tentang taman budaya.

Sementara itu saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah melakukan revitalisasi enam taman budaya yang ada di daerah agar memiliki fasilitas gedung yang representatif untuk berbagai aktivitas seni budaya di daerah tersebut.

 

Enam taman budaya yang tengah direvitalisasi adalah taman budaya adalah taman budaya Aceh, taman budaya Lampung, taman budaya Jawa Barat, taman budaya Jawa Tengah, taman budaya Kalimantan Tengah dan taman budaya Nusa Tenggara Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement