Jumat 21 Aug 2015 18:16 WIB

Hutan Gunung Walat Sukabumi Kembali Terbakar

Rep: Riga Iman/ Red: Ilham
Kebakaran hutan (ilustrasi)
Foto: Antara/Oky Lukmanyah
Kebakaran hutan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sejumlah lahan di kawasan hutan pendidikan Gunung Walat (HPGW) Kabupaten Sukabumi kembali terbakar pada Jumat (21/8), siang. Penyebab kebakaran diduga dari aktivitas pembakaran lahan di luar kawasan HPGW.

Awalnya, asap mengepul di sekitar pinggiran hutan pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut sekitar pukul 13.00 WIB. Kobaran api akhirnya merembet ke kawasan hutan HPGW di Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak.

Petugas HPGW, Medi mengatakan, pihaknya menerima informasi adanya kebakaran lahan dari warga. ''Setelah itu kami ke lapangan untuk memadamkan api,'' katanya.

Proses pemadaman api mendapatkan bantuan dari sejumlah lembaga terkait. Diantaranya dari Koramil Cibadak dan Polsek Cibadak.

Diakui Medi, peristiwa kebakaran ini sudah beberapa kali terjadi selama musim kemarau. "Dalam sebulan ini sudah empat kali kebakaran di lahan hutan pinus,'' kata dia. Data terakhir menyebutkan ada sekitar sepuluh hektare lahan di HPGW yang terbakar.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi telah memetakan kawasan hutan yang berpotensi mengalami kebakaran pada musim kemarau. Di mana, salah satunya lahan hutan Gunung Walat ada di dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement