Jumat 21 Aug 2015 01:21 WIB

Azyumardi Azra Raih Penghargaan Achmad Bakrie 2015

Para pemenang PAB 2015.
Foto: Dok Panitia PB 2015
Para pemenang PAB 2015.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Azyumardi Azra bersama lima tokoh lainnya terpilih sebagai penerima Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) 2015. Penghargaan tersebut akan diberikan Jumat (21/8) malam, dalam acara yang digelar di Djakarta Theatre.

Panitia PAB 2015 memilih enam putra terbaik Indonesia untuk menerima PAB XIII/ 2015. Mereka adalah Azyumardi Azra (bidang pemikiran sosial), Ahmad Tohari (kesusasteraan), Kaharuddin Djenod (bidang teknologi), Suryadi Ismadhi (sains), Tigor Silaban (kedokteran/kesehatan), dan Suharyo Sumowidagdo (ilmuwan muda berprestasi).

"Penghargaan Achmad Bakrie diperuntukkan untuk memacu putra-putri Indonesia agar terus berupaya melahirkan ide-ide cemerlang dan karya karya gemilang demi kemajuan Indonesia,", kata Anindra Ardiansyah Bakrie, Ketua Umum OC PAB XIII, Kamis (20/8).

Ia menambahkan, hingga kini sudah 51 tokoh yang diberi Penghargaan Achmad Bakrie, insya Allah kami akan terus menggelarnya setiap tahun," tambah Ardi, sapaan akrabnya, yang tidak lain adalah Cucu Achmad Bakrie, Pendiri Bakrie Group.

 

Ardi menegaskan bahwa meski PAB ini diberikan oleh Keluarga Bakrie melalui Yayasan Achmad Bakrie, namun pemilihan dan penetapan para Penerima PAB dilakukan oleh suatu Dewan Juri yang bekerja secara independen. Mereka berasal dari institusi perguruan tinggi, lembaga-lembaga penelitian dan pengkajian, asosiasi dan komunitas profesi, kalangan jurnalis, serta lembaga non pemerintah lainnya.

“Nama-nama Dewan Juri memang dirahasiakan. Sejak awal dilaksanakan, PAB merujuk pada pola-pola Penghargaan Nobel”, ujar Rizal Mallarangeng, Penasehat Komite Penjurian, menambahkan keterangan Ardi.

Ajang tahunan ke-13 (sejak 2003) ini diselenggarakan oleh Yayasan Achmad Bakrie bekerja sama dengan Freedom Institute dan VIVA Group. Tahun ini PAB  mengambil tema “Patriotisme, Bangga Menjadi Indonesia”.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement