Kamis 20 Aug 2015 12:52 WIB

JK Vs RR Sudah Selesai

Jusuf Kalla - Rizal Ramli
Jusuf Kalla - Rizal Ramli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertengkaran di ruang publik antara Wakil Presdien, Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator Maritim, Rizal Ramli dipastikan sudah selesai.

Hal itu dikatakan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung yang menyebut telah ada pertemuan antara Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, dan Menko Maritim Rizal Ramli.

Dikatakannya, secara khusus Presiden Jokowi sudah memanggil Menko Kemaritiman Rizal Ramli, dan kemudian menganggap persoalan yang dikemukakan Rizal Ramli sudah selesai.

“Ya kemarin di sidang kabinet kan sudah bertemu. Presiden mengatakan sudah tidak ada apa-apa, fine-fine aja,” terang Pramono, Kamis (20/8).

Terkait dengan permintaan Rizal Ramil untuk melakukan debat terbuka, Seskab Pramono Anung menegaskan, masalahnya sudah selesai.

"Tidak ada debat publik, dan tidak perlu diperdebatkan," katanya.

Dalam pertemuan itu, lanjutnya, presiden dan wapres memberikan arahan kepada para menteri untuk tidak bertengkar di ruang publik. Jika ada perbedaan pendapat, akan lebih baik jika diselesaikan di ruang rapat.

Dikhawatirkan jika hal tersebut terus menerus terjadi, publik akan memiliki persepsi pemerintahan sedang gaduh.

"Publik bisa punya persepsi bahwa ada kegaduhan, ada perbedaan pendapat. Padahal nggak seperti itu,” tutur Pramono.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Rizal Ramli beradu mulut soal pembangunan megaproyek pembangkit tenaga listrik 35 ribu megawatt. Rizal menganggap pembangunan proyek itu masih harus dikaji secara mendalam karena terdapat kekeliruan. Ia bahkan menyebut proyek tersebut tak realistis dan terlalu ambisius.

Kalla pun berang. Ia menanggap Rizal tak mengerti persoalan dan memintanya memahami persoalan terlebih dahulu sebelum memberikan komentar.

Mendengar jawaban itu, Rizal pun menantang Kalla berdebat di depan publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement