Selasa 18 Aug 2015 20:20 WIB

Rizal Ramli: Jangan Mimpi Ada Wisatawan Kalau tak Ada Listrik

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Angga Indrawan
 Rizal Ramli
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Rizal Ramli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah kementerian, Selasa (18/8). Pertemuan dilakukan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Arief Yahya, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman, Dirjen Migas ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja,

"Kalau kita ingin kembangkan pariwisata, harus ada dukungan seperti infrastruktur, bandara atau pelabuhan baru," ujarnya kepada awak media, Selasa (18/8). Pertemuan juga melibatkan Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Syarif Widjaja di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (18/8).

Berkaca dari negara seperti Maladewa dan Thailand yang 'hidup' mengandalkan sektor pariwisata, Rizal mengatakan sejumlah faktor pendukung seperti listrik harus ada jika ingin membangun kawasan wisata.

"Kalau kita mau bangun kawasan wisata enggak ada listrik, jangan mimpi ada wisatawan," lanjutnya.

Pariwisata, ia katakan, mampu membantu pertumbuhan ekonomi karena terbilang mudah untuk menciptakan lapangan kerja. Masyarakat sekitar lokasi wisata juga mampu menciptakan produk kreatif untuk dijual atau menjadi guide bagi para turis yang datang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement