Selasa 18 Aug 2015 16:23 WIB

Keutuhan NKRI Dipengaruhi Krisis Global

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Karta Raharja Ucu
Aksi untuk menyelamatkan NKRI.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Aksi untuk menyelamatkan NKRI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS  Ahmad Zainuddin mengatakan, krisis global saat ini terjadi di semua bidang mulai dari politik, sosial, ekonomi, kemanusiaan, keamanan hingga budaya. Kedaulatan negara-negara di dunia menjadi  terancam Indonesia.

"Keutuhan NKRI hari ini dan masa mendatang dipengaruhi oleh krisis global yang sedang berlangsung. Makanya Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Hankamrata) harus diperkuat,"  kita perkuat lagi dan terus perkuat. Karena ancaman global terhadap NKRI cukup serius,"ujar Zainuddin, Senin, (17/8).

Hankamrata, kata dia, sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004. Isinya menjelaskan, Hankamrata adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, sumber daya nasional, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara.

Tujuannya, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman. Makanya masalah pertahanan, keamanan dan kedaulatan RI bukan hanya tanggung jawab TNI dan Polri namun semua komponen rakyat Indonesia.

"Aspek pertahanan tidak selalu terkait dengan alutsista dan TNI. Sebab postur dan alustsista TNI saat ini sudah berkembang cukup baik melalui program modernisasi TNI," kata Zainuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement