Senin 17 Aug 2015 01:47 WIB
Perayaan 17 Agustus

Jokowi Pimpin Renungan Malam Suci di TMP Kalibata

Rep: C20/ Red: Winda Destiana Putri
Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT ke-69 RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Ahad (17/8) dini hari
Foto: c54
Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT ke-69 RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Ahad (17/8) dini hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo memimpin upacara apel kehormatan dan renungan malam suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Senin (17/8) tepat pukul 00.00 WIB dinihari.

Upacara ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-70 Republik Indonesia dan mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan.

"Kami yang hadir hari ini, Senin 17 Agustus 2014 pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa bangsa yang telah bersemayam di makam ini," kata Jokowi saat membacakan apel kehormatan dan renungan suci, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (17/8) dini hari.

Dalam apel kehormatan dan renungan suci tersebut, Jokowi selaku inspektur upacara memberikan penghormatan kepada 9.568 pahlawan yang bersemayam di Taman Makam Pahlawan. Jokowi juga memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pahlawan tidak dikenal di seluruh pelosok Indonesia.

"Perjuangan saudara adalah perjuangan kami, jalan kalian juga adalah jalan kami. Semoga arwah saudara diterima Tuhan di tempat sebaik-baiknya," ujar Jokowi.

Upacara ini juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri Kabinet Kerjja, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo, Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti, anggota DPR RI dan sejumlah pejabat lainnya. Selain pembacaan apel kehormatan dan renungan suci, dilakukan pula prosesi penyalaan obor dan mengheningkan cipta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement