Selasa 11 Aug 2015 11:48 WIB

Ini Sosok Mantan Rektor Paramadina yang Kini Jadi Presiden PKS

Rep: Retno Ajeng Tejomukti/ Red: Bilal Ramadhan
Muhammad Sohibul Iman
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Muhammad Sohibul Iman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden PKS baru Mohamad Sohibul Iman merupakan putra Tasikmalaya lahir 50 tahun lalu. Dia pernah kuliah di IPB Bogor, Jawa Barat. Mengutip situs resmi PKS, Sohibul Iman menyelesaikan pendidikan S1 hingga S3 nya di Tokyo, Jepang dengan beasiswa.

Sebelum terjun di dunia politik, dia sempat menjadi dosen aktif di beberapa perguruan tinggi. Bahkan dia pernah menjadi Rektor Paramadina. Ayah dari 3 putra dan 2 putri ini juga pernah berkarier di pemerintahan.

Dia bekerja sebagai pegawai negeri sipil di Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dia pun dikenal sangat gemar berorganisasi sejak sekolah hingga mengantarkan kariernya menjadi Presiden PKS.

Dia merupakan kader PKS yang pertama kali bergabung saat PKS masih bernama Partai Keadilan 1998 lalu. Jabatan di PKS di antaranya:

1. Ketua Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi-Lingkungan Hidup (IPTEK-LH) DPP Partai Keadilan 1998-2004.

2. Ketua Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri dan Teknologi PKS 2005-2010.

3. Anggota Majelis Pertimbangan Pusat PKS 2010-2015

Dalam Majelis Syuro dia juga menjabat sebagai anggota selama dua periode. Sementara itu di legislatif dia pernah menjabat sebagai anggota DPR pada periode 2009-2014 dari Dapil 2 DKI Jakarta. Dia sempat menggantikan Anis Matta sebagai Wakil Ketua DPR RI selama satu tahun.

Periode selanjutnya dia kembali menjabat sebagai wakil legislatif dari Dapil Jabar 11 di kota kelahirannya kota/Kabupaten Tasikmalaya dan Garut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement