Senin 10 Aug 2015 21:50 WIB

Copot Walkot Jaksel, Ahok Disebut Tipe Pemimpin Semau-maunya

Rep: C26/ Red: Citra Listya Rini
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik menilai keputusan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mencopot Wali Kota Jakarta Selatan dari jabatan menggambarkan gaya kepemimpinannya.

Berdasarkan penilaiannya selama ini Ahok, sapaan akrab Basuki, memang merupakan sosok pemimpin yang semau-maunya. "Semau-maunya saja tuh," kata Taufik lewat pesan singkatnya kepada Republika Online (ROL), Senin (10/8).

Menurutnya, masyarakat baik di ibukota maupun seluruh Indonesia dapat menilai sendiri konsep manajemen kepemimpinan yang dijalani Ahok. Walaupun banyak yang menilai dirinya tegas, tidak sedikit pula yang merasa keputusannya semena-mena.

Taufik mengakui keputusan ini memang kewenangan seorang kepala daerah. Apapun alasan yang dikemukakan, Ahok berhak mencopot pejabat yang dinilai tidak sesuai dengan keinginannya.

Hanya saja tentu ini akan berpengaruh dengan kinerja Pemprov DKI Jakarta ke depannya. Tidak menutup kemungkinan kinerjanya akan terganggu karena ada perubahan struktural dan kinerja seseorang.

Ahok diketahui baru saja memecat Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor. Syamsuddin dinilai tidak tegas menindak lurah yang sudah diminta menertibkan PKL di wilayahnya. Jabatan ini nantinya akan diisi oleh wakilnya yakni Tri Kurniadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement