Sabtu 01 Aug 2015 18:08 WIB

Gara-gara Bakar Sampah, Tiga Ruko di Condet Ludes Terbakar

Rep: C35/ Red: Bayu Hermawan
Warga menyaksikan sisa dari kebakaran di Balekambang, Condet, Jakarta Timur, Sabtu (1/8).
Foto: Republika/C35
Warga menyaksikan sisa dari kebakaran di Balekambang, Condet, Jakarta Timur, Sabtu (1/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran melanda kawasan pemukiman di daerah Balekambang, Condet, Jakarta Timur, pada Sabtu (1/8) siang, sekitar pukul 14.00 WIB. Sebanyak tiga bangunan rumah toko ludes terbakar dalam peristiwa itu.

Kebakaran tersebut berawal dari ketidaksengajaan seorang petugas, Yoman (45) yang sedang bertugas membersihkan sampah daerah sungai Ciliwung yang berjarak 10 meter dibawah kawasan pemukiman kelurahan Balekambang.

Akibat kebakaran tersebut terdapat setidaknya tiga ruko yang habis dilalap si jago merah. Ruko-ruko tersebut berisi balok kayu, kusen, lemari, buffet, serta barang elektronik bekas. Selain itu juga terdapat usaha gipsun yang juga terlalap habis.

Rojali (54), salah seorang pemilik ruko mengaku, kebakaran berawal dari petugas yang sedang membakar sampah hasil kerukan dari sungai Ciliwung. Dia sempat bercakap-cakap dengan Yoman dan memperingatkan, karena lokasi pembakaran sampah tepat berada di bawah rukonya.

"Sebelum membakar sampah saya sudah bertemu dengan dia. Sebenarnya saya sudah memperingatkan ke Yoman,'hati-hati anginnya gede, namun karena dia ditugaskan untuk membakar sampah maka dia tetap melanjutkan," katanya, Sabtu (1/8).

Dia menyebutkan seluruh barang dagangannya kini rata dengan tanah karena hangus terbakar. Kerugian dari rukonya sendiri berkisar Rp 10 juta. Jika dihitung dengan ruko-ruko lain yang ikut terbakar maka kerugian mencapai Rp 50 juta. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement