Selasa 28 Jul 2015 19:14 WIB

BMKG: Gempa di Ciamis dan Malang Berkaitan

Rep: c32/ Red: Bilal Ramadhan
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Indonesia beberapa waktu terakhir ini dilanda gempa di sejumlah wilayah yang ada. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan terakhir kali gempa dengan skala cukup besar melanda Ciamis, Malang, dan Papua.

“Ya, secara langsung gempa yang melanda di Ciamis dan Malang saling berkaitan karena gesekan lempengnya,” kata Kabid Info Dini Gempa dan Tsunami BMKG P. Wandono kepada ROL, Selasa (28/7).

Ia menjelaskan, kedua gempa tersebut masih disebabkan karena pertemuan lempeng yang sama. Untuk gempa di Ciamis disebabkan oleh pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia serta untuk yang Malang juga sama dengan lempeng Eurasia namun bertemu dengan lempeng Indo Australia.

Untuk itu ia menilai, secara langsung gempa tersebut berkaitan karena pergesekan lempengnya tersebut. “Wilayah keduanya memang masih berada di wilayah yang sama yaitu di daratan Pulau Jawa,” jelas Wandono.

Selain itu, untuk gempa yang di Papua menurutnya tidak berkaitan secara langsung karena adanya perbedaan lempeng. Ia menyatakan gempa yang terjadi di Papua merupakan akibat gesekan lempeng Australia dengan Pasifik.

Sebelumnya, Gempa yang mengguncang Ciamis (25/7) berkekuatan 5,7 skala richter lalu untuk yang di Malang (26/7) berkekuatan 5,9 skala richter. Sedangkan untuk terakhir kali Papua pagi ini juga diguncang gempa berkekuata 7,2 skala richter yang dirasakan kuat di Mamberamo Raya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement