Selasa 28 Jul 2015 19:07 WIB

Potensi Gempa di Jawa Cukup Tinggi

Rep: c32/ Red: Taufik Rachman
Gempa Bumi
Gempa Bumi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan beberapa wilayah di Inonesia memang berpeluang untuk dilanda gempa. Kabid Info Dini Gempa dan Tsunami BMKG P. Wandono mengungkapkan khususnya Pulau Jawa cukup berpotensi gempa.

“Kami tidak bisa memprediksi namun di Pulau Jawa memang memiliki potensi untuk terjadi gempa,” kata Wandono kepada ROL, Selasa (28/7).

Wilayah Jawa terdapat lempeng-lempeng yang potensial untuk terjadi gesekan yang akhirnya menyebabkan gempa. Sehingga, kata dia, beberapa hari terakhir ini wilayah di Indonesia bisa diguncang gempa dalam waktu yang tidak jauh.

BMKG meminta siapapun masyarakat di Indonesia memiliki kesiapan untuk menghadapi gempa. “Indonesia termasuk negara yang memiliki potensi gempa, maka setiap penduduk harus mempunyai kesiapan untuk menghadapi itu,” jelas Wandono.

Untuk itu ia mengimbau setiap warga di Indonesia harus mengerti bagaimana cara menyelematkan diri dari gempa. Langkah awal jika berada di wilayah terkena gempa maka harus datang ke tempat yang aman yang lapang, tidak di dalam bangunan, dan jangan juga berada di bawah pohon.

Beberapa waktu terakhir Indonesia tengah dilanda gempa namun tidak memicu bencana tsunami. Beberapa wilayah seperti Ciamis, Malang, dan pagi ini (28/7) Papua dilanda gempa dengan kekuatan 7,2 skala richter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement