Senin 27 Jul 2015 16:57 WIB

Kekeringan, Warga Ciamis Berburu Air Bersih

Rep: djoko suceno / Red: Esthi Maharani
Salah satu kawasan yang dilanda kekeringan (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang/ca
Salah satu kawasan yang dilanda kekeringan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Ciamis — Kekeringan mulai melanda wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Sudah lebih dari dua bulan, wilayah ini tak diguyur hujan. Akibatnya masyarakat pun mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

Untuk memperoleh air bersih, mereka rela berburu air bersih ke sejumlah sumur umum yang terdapat di sejumlah titik di daerah Kecamatan Ciamis Kota. Perburuan untuk mendapatkan air bersih tersebut dilakukan warga dengan cara mendatangi beberapa sumber titik air dengan menggunakan sepeda motor. Tak jarang, jaraknya pun cukup jauh.  

‘’Sudah ke beberapa titik namun tak mendapatkan air bersih. Dari disini saya menemukan sumur umur yang airnya bersih,’’ kata Ahmad (45 tahun), warga kelurahan Panoongan, Senin (27/7).

Dalam perburuannya, Ahmad membawa sepeda motor dan dua buah jeligen berukuran 25 liter air. Jerigen tersebut disimpang dalam keranjang karung di bagian belakang kanan dan kiri.  Untuk mengisi kedua jerigen tersebut, ia harus sabar lantaran air yang berada di dalam sumur sekitar tujuh meter tersebut harus diambil dengan cara ditimba. Setelah 30 menit menimba air, jerigen tersebut pun penuh dan akhirnya dia pulang.

‘’Besok saya akan kesini lagi. Mudah-mudahan airnya banyak,‘’ kata dia yang rumahnya berjarak sekitar dua kilo dari sumur tersebut.

Tak hanya Ahmad, sejumlah warga lainnya juga melakukan perburuan demi mencari air untuk kebutuhan sehari-hari. Selain menggunakan motor, sejumlah warga juga terlihat tengah mengisi jeriken yang diangkut dengan mobil bak terbuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement