Ahad 26 Jul 2015 12:13 WIB

Lalu Lintas Sekitar Tanah Abang Masih Lancar

Rep: c25/ Red: Satya Festiani
 Arus lalu lintas yang padat di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Ahad (5/7).  (Republika/Yasin Habiibi)
Arus lalu lintas yang padat di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Ahad (5/7). (Republika/Yasin Habiibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesemerawutan lalu lintas di sekitar Tanah Abang yang biasa terjadi, masih belum terlihat meski aktivitas Jakarta akan kembali normal pada esok hari.

Situasi lalu lintas di sekitar Tanah Abang masih terlihat lancar, meski keramaian dari kendaraan yang melintas sudah terjadi di hampir semua jalan. Pemandangan tersebut terbilang cukup langka, mengingat lalu lintas di sekitar Tanah Abang memang terkenal semerawut, meski beberapa kali sudah dilakukan penertiban oleh sejumlah pihak, khususnya dari Pemprov DKI Jakarta.

Kondisi tersebut bahkan sudah terjadi beberapa hari belakangan, yang mana, kendaraan bisa melintas dengan lancar tanpa terganggu kemacetan, ataupun kendaraan lain yang diparkir di sisi jalan. Hingga hari ini, lalu lintas yang sudah ramai tersebut masih bisa dikategorikan lancar karena tidak terjadi kemacetan yang berarti, ataupun penumpukan kendaraan yang biasa terlihat.

Hingga Ahad (26/7) siang, sejumlah ruas jalan seperti yang mengarah dari jalan KH Mas Mansyur menuju Abdul Muis, terlihat cukup lancar meski sudah ramai dengan kendaraan yang melintas. Begitu juga di jalan yang mengarah ke Aipda KS Tubun dan sebaliknya, serta yang mengarah ke jalan KH Wahid Hasyim dan sebaliknya.

Ruas jalan Kebon Kacang juga masih lancar, meski parkir-parkir liar sudah mulai terlihat terjadi di sejumlah sisi jalan. Lalu lintas yang lancar juga terlihat di dua ruas jalan yang ada di depan Stasiun Tanah Abang, yang biasanya padat karena angkutan umum yang berhenti sembarangan. Kemacetan yang diakibatkan angkutan umum yang memutar balik sembarangan atau melewati trotoar tengah jalan, juga belum terlihat.

Salah satu pengendara motor yang melintas, Aldam (24), yang mengaku setiap hari melintas, menuturkan kalau kondisi tersebut memang cukup langka terjadi di Tanah Abang. Meski pesimis, Aldam yang ditemui saat membeli minum di salah satu warung di pinggir jalan tersebut, berharap kalau kondisi lalu lintas yang terjadi seperti hari ini, bisa terjadi terus menerus di hari-hari berikutnya.

"Jarang memang, saya kan tiap hari lewat sini, mudah-mudahan aja besok-besok begini lagi, tapi gak mungkin juga ya," kata dia sambil tertawa.

Menurut pantauan di lapangan, sejak Ahad (26/7) pagi hingga siang, lalu lintas di hampir semua jalan di sekitar Tanah Abang memang cukup lancar. Antrian kendaraan hanya terjadi sesekali, tanpa menimbulkan kemacetan ataupun penumpukan kendaraan. Parkir-parkir liar juga masih sedikit yang terlihat, sehingga, para pengendara terlihat dapat melintas dengan nyaman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement