Ahad 26 Jul 2015 06:46 WIB

Mendagri Dukung Madura Maju dengan Pertahankan Kearifan Lokal

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

REPUBLIKA.CO.ID, MADURA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku, pemerintah pusat mendukung penuh percepatan pembangunan di Pulau Madura. Termasuk halnya, untuk memajukan pulau yang terletak di timur laut pulau Jawa tersebut.

Meski begitu, Tjahjo menekankan pemerintah meminta agar masyarakat Madura tetap menjaga dan mempertahankan kearifan lokal di wilayah tersebut. "Boleh modern dan maju, tapi kearifan lokal harus dipertahankan," ujar Tjahjo di hadapan peserta 'Musyawarah Besar ke-4 Masyarakat Madura se-Indonesia' di Bangkalan, Madura, Sabtu (25/7).

Pada acara yang sedianya dihadiri Presiden Joko Widodo tersebut, Tjahjo kembali menekankan pentingnya percepatan pembangunan pulau Madura. Hal itu karena potensi yang dimiliki wilayah tersebut terutama terkait dengan sumber daya alam yang ada.

Tentu hal ini menurutnya, seharusnya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk menyejahterakan masyarakat Pulau Garam itu sendiri. "Karena tidak cukup hanya Suramadu saja, tapi juga pembangunan lainnya, mulai bisni dan segala macamnya," ujar politikus PDIP tersebut.

Dengan begitu, ia menilai nantinya potensi sumber daya alam yang ada di Madura akan berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat disana dan juga bisa dinikmati secara langsung. "Karena Madura ini mengandung SDA yang tinggi tapi ironinya yang punya orang-orang luar Madura semua, ini tanggung jawab kita semua," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement