Selasa 21 Jul 2015 22:53 WIB

Bupati Wates Minta Remaja tak Dekati Zina

Rep: heri purwata/ Red: Karta Raharja Ucu
seks bebas kini juga menjadi masalah utama remaja di Indonesia
Foto: antara
seks bebas kini juga menjadi masalah utama remaja di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo meminta para remaja tidak mendekati zina. Sebab zina memiliki resiko bisa terjadi kanker rahim pada wanita dan hamil di luar nikah. Karena itu, masyarakat diharapkan dapat menjaga kesehatan reproduksi anak-anak remaja putrinya.

“Ini risiko yang dihadapi di dunia, belum lagi resiko yang dihadapi di akherat nanti, berupa dosa-dosa,” kata Hasto Wardoyo pada acara ‘Limbukan’ pagelaran wayang kulit di rumah Jumari, Dusun Sindon, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),  Senin (23/7) malam.

Penyuluhan ini disampaikan Hasto pada acara limbukan dengan harapan agar masyarakat mengetahui tentang kesehatan reproduksi remaja dan jangan mendekati zina. "Sebab mendekati saja bisa menimbulkan hal yang beresiko," kata dia.

Pagelaran wayang kulit ini merupakan acara syawalan masyarakat setempat pada Lebaran Idul Fitri 1436 H.  Pada pagelaran wayang kulit ini, Hasto didaultan untuk mengisi acara limbukan. “Kesempatan ini saya gunakan untuk silaturahim kepada warga dengan memaknai hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa dengan saling memaafkan. Selain itu, juga digunakan untuk media penyuluhan kesehatan reproduksi bagi remaja, khususnya, bahaya kawin usia muda dan kanker mulut rahim,” kata Hasto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement