Selasa 21 Jul 2015 10:17 WIB

Ridwan Kamil Siapkan Lahan untuk Kios Darurat Pasar Gedebage

 Seorang pedagang mencari sisa barang yang masih utuh dan terpakai usai padamnya api yang membakar pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (20/7).  (foto : Septianjar Muharam)
Seorang pedagang mencari sisa barang yang masih utuh dan terpakai usai padamnya api yang membakar pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (20/7). (foto : Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan pihaknya akan menyiapkan lahan untuk pembangunan kawasan kios darurat bagi para pedagang Pasar Gedebage yang terbakar.

Dalam waktu sepekan pihaknya akan melakukan koordinasi, termasuk dalam pembangunan kawasan kios darurat bagi para pedagang.

"Pada pedagang lama tentunya mendapatkan prioritas, dan sepekan akan ditangani termasuk kios darurat. Kami akan bicarakan dengan pemilik lahan pasar ini PT Ginanjar Saputra," kata Ridwan Kamil, Selasa (21/7) saat melakukan peninjauan ke Pasar Gedebage, bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel.

Pada kesempatan itu ia sudah merancang penanganan jangka pendek dan jangka panjang di Pasar Gedebage, umumnya pasar-pasar di Kota Bandung.

"Penanganan jangka pendek menempatkan mereka di kios darurat, selanjutnya disiapkan pembangunan dengan konsep pasar tematik. Desember 2015 diharapkan sudah ada langkah penanganan untuk pembangunan pasar di ini, dan eksekusinya bisa dilakukan pada 2017," kata Ridwan Kamil menambahkan.

Dalam penjelasannya, Wali Kota Bandung menyebutkan hampir seluruh kios di blok sayuran dan kelontong hangus terbakar, kecuali kios pedagang beras luput dari kobaran api meski terkurung api.

"Hanya satu yang luput dari kebakaran meski kiosnya terkurung, sedangkan sisanya hangus. Kecuali yang berada di bagian depan masih terselamatkan," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement