Senin 20 Jul 2015 11:23 WIB

Pemasangan Rel KA Trans-Sulawesi Dilakukan Awal Agustus

Jalur Rel Kereta Api
Foto: VOA
Jalur Rel Kereta Api

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyatakan pemasangan rel kereta api akan dilakukan pada awal Agustus 2015.

"Pemasangan rel pertama awal Agustus, sementara ini dibicarakan dengan presiden dengan menteri untuk cari waktu," kata Syahrul di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, pembangunan sarana kereta api yang titik awalnya di Kabupaten, Barru, Sulsel, pada pembangunan tahap awal untuk melayani rute Makassar - Parepare. Selanjutnya ditargetkan dalam lima tahun sudah menjangkau dan menghubungkan dengan provinsi lainnya di Sulawesi.

Dengan demikian, apabila rel kereta api tersebut sudah mampu terhubung di seluruh provinsi di Sulawesi, maka masyarakat dapat melakukan perjalanan darat antarprovinsi lebih cepat dibandingkan bus dengan waktu yang tepat.

Pencanangan pembangunan sarana perkeretaapian di Sulawesi sudah dilakukan pada 2014 dan kini sudah dilakukan pembebasan lahan tahap awal untuk wilayah Kabupaten Barru, Sulsel sekitar 30 kilometer.

"Progres pembangunan sarana kereta api ini bagus sekali, tinggal disiapkan pemasangan relnya pada awal Agustus 2015," kata Syahrul.

Menurut dia, pengadaan sarana kereta api jalur transSulawesi ini merupakan yang perdana sejak zaman Hindia Belanda. Sebelumnya sudah sempat disiapkan pada prakemerdekaan di wilayah Kabupaten Maros - Kabupaten Bone, Sulsel.

Pengoperasian sarana kereta api itu diharapkan rampung pada 2019 mendatang, sehingga dapat mendukung perekonomian di Sulawesi dengan adanya kelancaraan arus barang dan penumpang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement