Sabtu 18 Jul 2015 13:19 WIB

Mendagri: Masyarakat tidak Perlu Emosi dan Terpancing Situasi Tolikara

Rep: Andi Muhammad Ikhbal/ Red: Agung Sasongko
Mendagri Tjahjo Kumolo.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Mendagri Tjahjo Kumolo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta agar masyarakat Papua tak terpancing emosi. Mereka diminta waspada adanya upaya provokatif dari sekelompok pihak tertentu.

Ia mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera mengirimkan radiogram yang berisi petunjuk penanganan konflik lokal kepada jajaran Kesbangpol. Warga perlu penyuluhan untuk tetap tenang.

"Masyarakat tidak perlu emosi dan terpancing situasi, waspada terhadap adanya provokator. Kemendagri yakin aparat keamanan mampu mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan baik," kata Tjahjo, Sabtu (18/7).

Ia menambahkan, kondisi tersebut diperlukan untuk menjaga stabilitas daerah. Selain itu, deteksi dini terhadap potensi konflik di 'daerah sumbu pendek' dinilai sangat diperlukan untuk mencegah insiden semakin meluas.

Mendagri menjelaskan, jajaran kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) seluruh Indonesia terus berkoordinasi dengan aparat intelijen dan keamanan setempat terkait penanggulangan konflik tersebut.

"Saya yakin jajaran Kesbangpol mampu meningkatkan koordinasi antaraparat intelijen baik di pusat maupun di daerah," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement