Sabtu 18 Jul 2015 08:32 WIB

Pascakerusuhan, Kapolda Papua dan Pangdam Cenderawasih Kunjungi Karubaga

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Fransen Siahaan.
Foto: Antara
Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Fransen Siahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Fransen Siahaan mengunjungi Karubaga, ibukota Kabupaten Tiom, pascakerusuhan yang melanda kawasan itu. Rombongan menggunakan pesawat Trigana pada Sabtu (18/7) pagi pascakerusuhan pembakaran masjid.

Kerusuhan di ibu kota Kabupaten Tiom itu terjadi Jumat (17/7) sekitar pukul 07.00 WIT, saat umat muslim melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid kawasan tersebut. Sekelompok warga melakukan penyerangan dan membakar masjid serta 70 kios atau milik warga setempat.

"Saat ini kedua pimpinan di bidang keamanan sudah berada di Karubaga," kata Kapolres Tolikara AKBP Suroso.

Ia mengatakan Tolikasa sendiri relatif terkendali namun tetap bersiaga. Aktivitas warga mulai normal. Namun sekitar 150 orang masih mengungsi di Koramil Karubaga.

Dalam kerusuhan Jumat pagi tercatat 11 orang mengalami luka-luka, tiga diantaranya yang mengalami luka tembak dan sudah dievakuasi ke Jayapura.

Aksi brutal sekelompok warga yang terjadi saat umat muslim melaksanakan sholat Id itu belum dapat dipastikan akibat surat edaran yang dikeluarkan pengurus Gereja Injili di Indonesia (GIDI) wilayah Tolikara tertanggal 11 Juli 2015. Menurut Suroso pihaknya tetap menelusuri karena tidak menutup kemungkinan surat edaran itu juga menjadi salah satu penyebabnya.

Polisi, kata Suroso, hingga kini belum memeriksa para saksi karena situasi belum memungkinkan

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement