Jumat 17 Jul 2015 13:08 WIB

Suasana Lebaran di Bali Penuh Kedamaian

  Ribuan jamaah menunaikan ibadah shalat Idul Adha 1435 Hijriyah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Ahad (5/10).  (Republika/Agung Supriyanto)
Ribuan jamaah menunaikan ibadah shalat Idul Adha 1435 Hijriyah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Ahad (5/10). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Ribuan umat Muslim melakukan bersih-bersih usai melaksanakan Shalat Idul Fitri 1436 H/2015 di sekitaran di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, Jumat (17/7).

Dari pantauan di lokasi, di lapangan Renon, usai Shalat Id umat Muslim yang semula khusyuk, satu persatu sebelum meninggalkan lapangan Renon yang letaknya tak jauh dari Kantor Gubernur Bali. Mereka lalyu mengambil sampah atau koran yang digunakan sebagai alas.

Rahmanto, Warga Muslim Denpasar mengatakan, dengan sebulan berpuasa dan saat ini umat Muslim melaksanakan Shalat Id dengan hati bersih, suci kembali fitri. "Bukan hanya hati saja yang bersih, tapi lingkungan juga harus ikut bersih, seperti yang kami lakukan usai sholat ini, kami membersihkan lingkungan dengan membawa koran-koran yang dijadikan alas, untuk dibuang ketempat sampah," ungkapnya.

Ia mengatakan, berlebaran di Bali memang tak semarak atau ramai di daerahnya Jawa Tengah. Namun, rasa toleransi beragama di Pulau Dewara ini tak jauh beda dengan di kampung. "Saya tidak pulang kampung halaman, ingin menikmati suasana lebaran di Bali. Meski tidak bertemu keluarga di kampung, saya sudah melakukan komunikasi dengan mereka lewat telepon , untuk bersilahturahmi," tambah Rahmanto.

Pelaksanaan Shalat Id, ribuan umat Muslim di Kota Denpasar dan sekitarnya, Jumat (17/7) memadati lapangan monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar. Dalam khutbahnya, Ustaz Haji Abdulah Ihsan menegaskan, umat Muslim diharapkan tetap menjaga agar spirit dan semangat ibadah tetap terjaga dan terpelihara dengan baik. Semangat Ramadhan harus tetap ada dalam kehidupan sehari-hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement