Selasa 14 Jul 2015 14:32 WIB

Muhammadiyah Putuskan 1 Syawal 17 Juli 2015

Rep: c27/ Red: Taufik Rachman
Din Syamsuddin
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. DR. Din Syamsuddin, menyatakan bahwa Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh tanggal 17 Juli 2015. Ini sesuai dengan hisab hakiki wujudnya hilal Majelis Tarjih dan Takdir PP Muhammadiyah.

"Muhammadiyah sudah memutuskan karena ijtima akhir Ramadhan akan terjadi pada hari Kamis pukul 08:26, dan waktu matahari terbenam pada hari itu bulan belum terbeban sempat ada di atas ufuk, berada di ketinggian sekitar 3 derajat," ujar Din Syamsuddin setelah acara Colloqium Astrology Indonesia di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Selasa (14/7).

Ia mengatakan, bahwa Kamis malam itu adalah malam takbiran. Esok harinya, Jumat, 17 Juli 2015 sudah memasuki bulan baru, yaitu bulan Syawal yang menandakan Hari Raya Idul Fitri.

Keputusan Idul Fitri dari pemerintah bisa jadi sama jika memang hilal terlihat lebih dari dua derajat, tapi jika sebaliknya mungkin akan terjadi perbedaan perayaan Idul Fitri di Indonesia. "Ini jangan dibesar-besarkan, Insya Allah umat bisa menerima," ujar Din Syamsuddin.

Ia menambahkan bahwa penentuan yang dilakukan kedua pihak tidak main-main dan tidak mengada-ada.  Sehingga ada baiknya sikap toleransi antar umat Islam yang lebih ditunjukan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement