Senin 13 Jul 2015 14:36 WIB

Menghadap Wapres, Menlu Bahas Persiapan Sidang Umum PBB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Damanhuri Zuhri
Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi.
Foto: Antara
Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi siang ini bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden, Jakarta. Dalam pertemuan ini, keduanya membahas terkait persiapan sidang umum PBB yang akan digelar September 2015 mendatang.

"Ada beberapa laporan, tapi terutama kita berbicara masalah persiapan Sidang Umum PBB yang akan berlangsung bulan September," kata Retno di kantor Wapres, Jakarta, Senin (13/7).

Menurutnya, Wapres Jusuf Kalla pun rencananya akan mewakili Indonesia dalam Sidang Umum PBB di New York. Selain itu, dalam pertemuan ini keduanya juga membahas persiapan penyelenggaraan Peacekeeping, dan Indonesia akan menjadi tuan rumah acara ini.

Acara Peacekeeping Summit akan digelar 27-28 Juli nanti. "Sejauh ini kita sudah menjadi kontributor ke-16 terbesar di dunia dan kita sudah mencanangkan 4.000 peace keepers yang akan kita kirim," kata dia.

Menurut dia, sejauh ini Indonesia baru mengirim sekitar 2600 penjaga perdamaian ke berbagai negara. Indonesia pun akan meningkatkan kontribusinya dalam bidang ini.

"Jadi itu betul-betul suatu aset bagi politik luar negeri kita, dan kita akan tingkatkan kontribusi kita di bidang peace keeping," jelas Retno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement