Ahad 12 Jul 2015 22:00 WIB
Konflik Kraton Yogyakarta

Putri-Putri Sultan HB X tak Tahu Pengangkatan GBPH Prabukusumo

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Maman Sudiaman
Kraton Yogyakarta (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Kraton Yogyakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -– Putri-putri Sri Sultan Hamengku Buwono X tidak mengetahui soal adanya pengangkatan GBPH Prabukusumo menjadi Sri Sultan Hamengku Buwono XI. Sementara GBPH Prabukusumo sendiri belum bisa dihubungi.

‘’Wah saya tidak mau komentar mbak,’’ kata GKR Condrokirono, putri kedua Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga selaku Kawedanan Hageng Panitra Pura atau semacam ‘Setneg’ di Keraton Yogyakarta saat dimintai  komentarnya  tentang pengukuhan pamannya GBPH Prabukusumo sebagai Sultan HB XI.

Dia pun mengaku tidak tahu kalau ada pengukuhan GBPH Prabukusumo oleh Trah Ki Ageng Giring dan Ki Ageng Pemanahan. ‘’Wah saya enggak tahu. Saya tahu dari sms mbak tadi yang dikirim ke saya,’’ kata Gusti Condrokirono pada Republika, Ahad (12/7) malam.

Hal senada juga dikemukakan putri pertama Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Mangkubumi. Dia pun malah ganti bertanya saat dimintai pendapatnya tentang pengukuhan GBPH Prabukusumo menjadi Sultan Hamengku Buwono XI. ‘’Iya to? Saya malah belum tau mbak… Saya lagi di luar kota,’’ kata dia lagi .

Ketika ditanya tentang bagaimana Gusti Mangkubumi menyikapinya tentang pengukuhan pamannya tersebut, diapun mengatakan belum bisa berkomentar. ‘’Saya belum ketemu saudara-saudara saya yang lainnya mbak… Jadi untuk jelas pastinya saya belum tahu… saya nggak berani komentar yang salah…’’

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement