Ahad 12 Jul 2015 15:14 WIB

Hinca: Demokrat Masih Penjaringan

Rep: C08/ Red: Angga Indrawan
Hinca Panjaitan
Foto: Antara/Ujang Zaelani
Hinca Panjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan hingga saat ini partainya masih dalam tahap penjaringan calon-calon kepala daerah yang akan diusung oleh partainya. Dalam waktu dekat, kata Hinca, pihaknya akan memanggil bakal calon kepada daerah dari Demokrat ke kantor DPP untuk dilakukan interview terakhir sebelum diumumkan ke publik.

"Proses penjaringan calon kepala daerah sedang berlangsung di DPP, beberapa hari ini akan ada interview terakhir, dan setelah itu segera kami umumkan," kata Hinca di Kemayoran Jakarta Pusat, Ahad (12/7).

Hinca menyebutkan, dalam penyeleksian calon-calon kepala daerah yang akan diusung Demokrat, ada tiga klasifikasi yang dipetakan. Ia menyebut yang paling teratas yaitu daerah yang dapat mengusung calon kepala daerah sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Kedua, lanjut Hinca, adalah klasemen tengah, yakni Partai Demokrat harus melakukan konfigurasi dengan partai lain untuk membuka kemungkinan berkoalisi guna dapat mengusung calon bersama. Sementara klasemen ketiga kata Hinca adalah daerah yang kecil kemungkinan bagi Demokrat dapat menang.

Dari tiga klasifikasi ini, Hinca menilai akan sulit menentukan klasemen tengah di mana pihaknya akan menghadapi komunikasi yang alot untuk memilih pendamping dari partai lain. Sebab menurut dia, membentuk pasangan calon kepala daerah yang akan diusung haruslah klop agar saat terpilih nanti dapat bahu-membahu membangun daerah yang dipimpinnya.

"Kita harus mencari pasangan yang klop," ujar Hinca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement