Rabu 08 Jul 2015 10:15 WIB

Jokowi akan Lantik Panglima TNI dan Kepala BIN Hari Ini

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Taufik Rachman
Ketua DPR RI Setya Novanto (tengah) bersama Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso (kanan) dan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo usai rapat paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (3/7).  (Republika/Rakhmawaty La’lang)
Ketua DPR RI Setya Novanto (tengah) bersama Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso (kanan) dan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo usai rapat paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (3/7). (Republika/Rakhmawaty La’lang)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Istana Negara hari ini akan menggelar pelantikan dua pejabat baru, mereka yakni Letnan Jenderal (Purn) Sutiyoso sebagai kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai panglima TNI, Rabu (8/7).

Sutiyoso dan Gatot akan mengucap sumpah jabatan mereka di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Acara pelantikan keduanya dijadwalkan digelar pukul 12.45 WIB di Istana Negara.

Sutiyoso akan menggantikan posisi Kepala BIN Marciano Norman. Adapun Gatot Nurmantyo akan menggantikan posisi Jenderal TNI Moeldoko yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Agustus mendatang.

Baik Sutiyoso maupun Gatot sebelumnya telah melewati tes uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Seluruh fraksi sepakat menerima pengajuan Gatot dan Sutiyoso sebagai panglima TNI dan kepala BIN yang baru.

Gatot sendiri saat ini masih menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ke-30. Adapun Sutiyoso sebelumnya memegang jabatan sebagai ketua umum PKPI dan pernah menjadi gubernur DKI Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement