Rabu 01 Jul 2015 13:49 WIB

Jelang Lebaran, Polresta Banda Aceh Fokus Pengamanan Pusat Perbelanjaan

Operasi ketupat
Foto: Republika/Yasin Habibi
Operasi ketupat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh mengerahkan sekitar 500 personel untuk mendukung pengamanan lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

"Untuk pengaman lebaran tahun ini, kami mengerahkan sekitar 500 personel," kata Kepala Polresta Banda Aceh Kombes Pol Zulkifli di Banda Aceh, Rabu.

Dalam pengamanan pihaknya turut dibantu prajurit TNI, anggota Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP, serta bantuan personel dari Polda Aceh.

Tujuan pengamanan, lanjut Kombes Pol Zulkifli, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam melaksanakan dan memeriahkan hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Tugas kepolisian ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat. Karena itu, masyarakat juga diminta peran aktif turut bersama-sama menjaga keamanan," kata Kombes Pol Zulkifli.

Menyangkut pengaman pasar dan pusat perbelanjaan menjelang lebaran akan dilakukan patroli rutin di setiap pasar.

"Di pasar-pasar maupun pusat perbelanjaan lainnya akan ada patroli polisi dengan berjalan kaki. Patroli ini sebagai bentuk pelayanan kepolisian kepada masyarakat," kata dia.

Kepada kaum ibu yang berbelanja di pasar maupun pusat perbelanjaan, Kapolresta mengimbau agar tidak memakai perhiasan berlebihan dam mencolok yang bisa mengundang orang berbuat kejahatan.

Selain itu, menurut Kapolresta, keamanan bukan tugas kepolisian semata. Tapi juga tugas dan tanggung jawab bersama. Dan masyarakat juga harus peka terhadap hal-hal yang mencurigakan.

"Laporkan segera kepada aparat keamanan jika mencurigai sesuatu. Informasi ini sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan," kata Kombes Pol Zulkifli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement