Sabtu 27 Jun 2015 20:02 WIB

Din Syamsuddin: Pancasila Jadi Jalan Tengah

Din Syamsuddin
Foto: Republika/Wisnu Aji Prasetiyo
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin mengemukakan Pancasila dapat menjadi solusi dalam penyelesaian masalah di dalam negeri.

"Pancasila sebagai jalan tengah sekaligus penyeimbang ini juga sejalan dengan keberadaan umat Islam sebagai umat tengahan (jalan tengah). Oleh karena itu, kita jangan terjebak dengan hal-hal yang mulai melunturkan falsafah negara kita, Pancasila," tegas Din Syamsuddin ketika membuka Kajian Ramadhan "Umatan Washatan untuk Indonesia Berkemajuan" di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dome, Sabtu (27/6).

Menurut Din, umat Islam jangan mau bila ada yang berusaha membenturkan dengan paham Pancasila yang akhir-akhir ini mulai dilupakan, padahal banyak negara yang mulai mengadopsi Pancasila sebagai acuan dalam memecahkan persoalan, mulai agama (keyakinan, perekonomian dan masalah-masalah sosial.

Din mencontohkan pada salah satu kesempatan konferensi di Spanyol pada tahun 2011, pemimpin Umat Katolik dunia Paus Benidiktus mengatakan model terbaik negara modern ke depan adalah Indonesia dengan falsafah Pancasila-nya. "Di negara lain Pancasila kita dipuja-puja, tapi di dalam negeri mulai ditinggalkan," tandasnya.

Ia mengakui para pendiri bangsa Indonesia adalah orang-orang yang sangat cerdas, sebab persoalan perekonomian, politik maupun keagamaan sudah dituangkan dalam Pancasila.

"Sayangnya, sekarang ini Pancasila dan UUD 1945 yang seharusnya diletakkan pada posisi tengah, kita tidak bisa mengembangkan ideologinya sebagai ideologi alternatif dalam kehidupan bernegara," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement