Jumat 26 Jun 2015 16:03 WIB

Cegah MERS, JK Minta Jamaah Haji dan Umrah Vaksinasi

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji mengenakan masker untuk mengantisipasi virus MERS-Cov.
Foto: AP Photo/Hasan Jamali/ca
Jamaah haji mengenakan masker untuk mengantisipasi virus MERS-Cov.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan agar para jamaah haji dan umrah yang akan menunaikan ibadah di tanah suci segera melakukan vaksinasi sebelum keberangkatan. Hal ini sangat penting mengingat kembali mewabahnya virus MERS asal Timur Tengah itu.

"Karena itu sebelum berangkat harus diimunisasi dulu. Salah satu pencegahan imunisasi. Semua harus, mau ada paspor visa haji umrah harus imunisasi untuk mencegahnya," kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Jumat (26/6).

Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama menilai wabah MERS CoV di Arab Saudi masih aktif. Hal tersebut, ia utarakan terkait perkembangan MERS di negara tersebut dari 2014 hingga 2015.

 

"Data terbaru MERS di Arab Saudi ada tiga kasus baru, sehingga total kasus menjadi 1.038 orang," kata Tjandra, Rabu (24/6).

 

Tjandra mengungkapkan, dari total kasus tersebut ada sebanyak 459 orang yang sudah meninggal. Lalu menurutnya, ada 573 orang yang sembuh sementara enam orang lagi masih dalam perawatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement