Kamis 25 Jun 2015 08:32 WIB

Wapres Melayat Jenazah Gubernur NTT Ben Mboi

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Mantan Menkes era pemerintahan SBY, Nafsiah Mboi.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Mantan Menkes era pemerintahan SBY, Nafsiah Mboi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla pagi ini dijadwalkan akan melayat jenazah mantan Gubernur Nusa Tenggara Timur Benedictus Mboi, yang juga suami mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, di Cilandak, Jakarta Selatan.

Menurut agenda Wapres, JK melayat ke kediaman Ben Mboi sekitar pukul 08.30 di Jalan Muhasyim VII Cilandak. Diketahui, sebelum wafat, Ben Mboi pernah menjabat sebagai Gubernur NTT pada periode 1978-1988.

Ia yang juga seorang dokter militer meninggal dunia di Jakarta akibat sakit yang ia derita pada Selasa (23/6). Rencananya, jenazah Ben Mboi akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

    

Aloysius Benedictus Mboi, MPH lahir di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores pada 22 Mei 1935. Semasa kecil, ia pernah bersekolah di SD Katolik Belanda semasa perang (1942 -1949).

Kemudian pada 1949, Ben melanjutkan pendidikan SMP di Kupang, Timor Barat. Lalu, ia duduk di bangku SMA di Malang (Jatim) pada 1955 dan melanjutkan sekolah di Fakultas Kedokteran di University of Indonesia.

Ben kemudian merintis karir di dunia kesehatan sekaligus militer, dan diketahui pernah terlibat dalam Operasi Trikora di Papua (Irian). Ben Mboi pernah mendarat dengan parasut di hutan Papua Selatan di bawah komandan Leonardus Benyamin Moerdani pada 1962. Setelah dipromosikan menjadi Kapten, ia menjadi satu-satunya dokter dalam operasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement