Rabu 24 Jun 2015 16:09 WIB

Jalur Selatan Jabar Mulai Diperbaiki

Jalur selatan mudik
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Jalur selatan mudik

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jalur selatan Jawa Barat, yakni Bandung-Nagreg-Malangbong-Tasikmalaya-Jateng mulai diperbaiki untuk persiapan jalur mudik Lebaran 2015.

Perbaikan jalan dilakukan di sejumlah titik baik di wilayah Kabupaten Bandung, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis.

"Sudah ada sepekan dilakukan perbaikan di sini, fokusnya penebalan lapisan aspal," kata Denny, salah seorang pekerja penebalan aslal di Tanjakan Malangbong Kabupaten Garut, Rabu (24/6).

Denny bersama sejumlah pekerja lainnya mulai meratakan jalur aspal yang bergelombang di jalut tanjakan yang menuju perbatasan Kabupaten Tasikmalaya itu. Empat unit alat berat dikerahkan untuk melakukan penebalan aspal itu.

Untuk sementara, arus lalu lintas di jalur itu harus dilakukan tutup buka sehingga terjadi antrean cukup panjang di kawasan tanjakan yang cukup terjal itu. Perbaikan juga dilakukan di sepanjang Jalan Ciawi di Kecamatan Jamanis. Jalan yang berlubang mulai ditambal dan diperbaiki.

Sedangkan di jembatan menjelang Cimekar dilakukan pelebaran jalur jalan bagian kiri dan kanannya untuk memungkinkan kendaraan lebih leluasa saat berpapasan.

"Pelebaran ruas jalan dilakukan sekitar 75 sentimeter sehingga pada saat kendaraan, khususnya kendaraan ukuran lebar bisa lebih leluasa," kata Ruddy, pengawas proyek di lokasi Jalan Jamanis itu.

Ia menyebutkan, karena lebar jalan yang kurang itu, dalam beberapa kasus persilangan, kendaraan besar terpaksa sebagian bannya harus ke bahu jalan yang tidak beraspal. "Dengan pelebaran ini maka lebih nyaman saat berpapasan, selain itu juga bisa lebih leluasa untuk menyalip," katanya.

Sementara itu, ruas jalan dari Banjar hingga Bandung masih ada beberapa ruas yang rusak, namun sudah dilakukan persiapan perbaikan dengan target tuntas sebelum H-7 Lebaran.

Sedangkan di kawasan jalur Nagreg-Cicalengka, saat ini ada perbaikan jalan di kawasan Tanjakan Nagrog. Pembetonan dilakukan mulai dari gerbang Batalyon 330 Raider hingga ke turunan Nagrog.

Namun demikian pembetonan itu baru dilakukan saru arah yakni untuk arus lalu lintas dari arah Garut menuju Bandung, sedangkan dari Bandung ke arah Garut belum dibeton.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement