Kamis 18 Jun 2015 10:15 WIB

Depok akan Tambah Puskesmas 24 Jam

Seorang ibu membawa anaknya untuk diperiksa di Puskesmas. (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Seorang ibu membawa anaknya untuk diperiksa di Puskesmas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok segera menambah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang akan beroperasi selama 24 jam untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes Kota Depok, Zakiah, Kamis (18/6), mengatakan pada 2016, setidaknya akan ada tiga Puskesmas yang akan beroperasi 24 jam. Penambahan Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Bojong Sari, Limo, dan Kedaung untuk di Kecamatan Sawangan.

Adanya penambahan tiga Puskesmas 24 jam ini, akan dilakukan pembenahan secara bertahap mengenai Puskesmas yang ada di Depok, baik dalam segi sarana prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM) maupun penambahan infrastruktur penunjang lainnya.

Saat ini Depok sudah memiliki enam Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan 24 jam. Puskesmas tersebut, yaitu Puskesmas Pancoran Mas, Sukmajaya, Cimanggis, Beji, Cinere, dan Puskesmas Cipayung.

Zakiah mengatakan keenam Puskesmas yang telah melakukan pelayanan kesehatan 24 jam itu dijaga oleh petugas medis. Dokter jaga dan perawat yang siap memberikan pelayanan saat keadaan gawat darurat pada sore dan malam hari.

"Aktivitas pagi sama seperti Puskesmas pada umumnya, ada poli kesehatan ibu dan anak, gizi, gigi dan pemeriksaan rawat jalan lainnya," ujarnya.

Untuk Puskesmas 24 jam akan ditambah jumlah dokter dam perawat jaga.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement