Rabu 17 Jun 2015 23:48 WIB

PNS Harus Menjadi Contoh Bagi Masyarakat

PNS. Ilustrasi
Foto: Republika/ Tahta Aidila
PNS. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan pegawai negeri sipil (PNS) harus menjadi agen perubahan yang bisa membantu mendorong percepatan pembangunan dan menyejahterakan masyarakat.

"PNS itu penyelenggara negara, abdi masyarakat yang bisa membawa perubahan dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," katanya saat menutup kegiatan pra jabatan (prajab) yang diikuti 150 PNS di Koba, Rabu (17/6).

Ia menjelaskan, untuk menjadi agen perubahan seorang PNS harus berani berkreasi, berinovasi dalam membangun daerah dan menyejahterakan masyarakat.

"PNS harus menjadi contoh bagi masyarakat dan ketika memilih menjadi abdi negara, maka harus bersedia ditugaskan di mana saja tanpa harus ada penolakan dengan berbagai alasan yang tidak logis," ujarnya.

Ia mengimbau PNS bekerja dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas dalam bekerja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

"PNS itu memiliki tugas pokok melayani masyarakat dan membantu menjalankan roda pemerintahan, maka diminta bekerja dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab," katanya.

Menurut dia, tidak mudah mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pegawai negeri sipil sehingga dibutuhkan keikhlasan serta wawasan yang luas.

"Pra jabatan bagi PNS ini untuk menambah wawasan berpikir dan bertindak, sehingga mampu menjalankan tugas dengan baik dan benar," katanya.

Ia mengatakan, pra jabatan ini wajib diikuti bagi mereka yang baru lulus dan bergabung sebagai abdi negara di Kabupaten Bangka Tengah.

"Banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini, setidaknya mereka cepat mengenal dunia kerja yang baru dan mengenal bidang tugas masing-masing," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement