Rabu 17 Jun 2015 16:54 WIB
Engeline Tewas

Ini Proses Pemeriksaan Lie Detector terhadap Agus

Rep: C32/ Red: Angga Indrawan
Satgas Perlindungan Anak menggelar doa bersama dan aksi 1.000 lilin untuk bocah perempuan yang ditemukan tewas terbunuh dan dikubur di halaman belakang rumahnya, Angeline di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (11/6) malam.  (Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Satgas Perlindungan Anak menggelar doa bersama dan aksi 1.000 lilin untuk bocah perempuan yang ditemukan tewas terbunuh dan dikubur di halaman belakang rumahnya, Angeline di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (11/6) malam. (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Tersangka pembunuh Engelin Margriet Megawe, Agustinus Tai Hamdamai telah melakukan tes kebohongan dengan menggunakan alat lie detector, Selasa (16/6). Alat pendeteksi didatangkan dari Laboratorium Forensik Mabes Polri.

“Intinya pemeriksaan tes kebohongan tersebut untuk mengetahui apakah pernyataan yang sudah disiakan dari keterangan Agus sebelumnya adalah bohong atau tidak,” kata Haposan kepada ROL, Rabu (17/6).

Ia menjelaskan, sebelum melakukan pemeriksan terhadap pertanyaan, Agus harus menjalani pemeriksan terhadap fisiknya terlebih dahulu. Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk mendukung kelengkapan pemeriksaan. 

Awalnya, kata dia, Agus diambil sampel darahnya terlebih dahulu. Lalu, setelah pemeriksaan darah, tersangka juga diperiksa keadaan jantungnya serta keringatnya sebagai bagian dari tes kebohongan. 

Selanjutnya, setelah pemeriksaan tersebut selesai maka tersangka siap untuk dites menggunakan alat tersebut. Saat diperiksa, di dalam ruangan hanya ada tersangka dan dua petugas dari Laboratorium Forensik Mabes Polri.

“Kami selaku kuasa hukum dan tim penyidik hanya bisa menunggu di luar ruangan saja. Lalu pemeriksaan tersebut berjalan kurang lebih selama tiga jam,” jelas Haposan.

Namun, menurut Haposan tim dari laboratorium tersebut harus memberikan hasilnya dalam bentuk laporan sehingga hasil tidak bisa diketahui saat itu juga. Selanjutnya, hasil tersebut akan langung diserahkan kepada tim penyidik. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement