Kamis 11 Jun 2015 02:33 WIB

Tingkat Kelulusan UN SMP di Dumai 100 Persen

Siswa merayakan kelulusan dengan mencoret-coret seragam.
Foto: Antara
Siswa merayakan kelulusan dengan mencoret-coret seragam.

REPUBLIKA.CO.ID, DUMAI, RIAU -- Dinas Pendidikan Kota Dumai, Provinsi Riau, mengumumkan bahwa tingkat kelulusan Ujian Nasional tingkat SMP sederajat yang diikuti oleh 4.658 peserta mencapai seratus persen.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Dumai Bujang Alwi, di Dumai, Rabu, menyebutkan penentuan kelulusan seratus persen ini berdasarkan penilaian sekolah yang memiliki kewenangan penuh terhadap prestasi anak didik.

"Semua pelajar yang mengikuti ujian nasional dinyatakan lulus seratus persen dan kita umumkan melalui media massa dan papan pengumuman di sekolah," katanya.

Meski lulus sepenuhnya, namun ia mengatakan dibandingkan dengan pencapaian prestasi akademik pada 2014 lalu, kelulusan tahun ini mengalami penurunan.

Dalam pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat 2015 ini, Disdik menyatakan juga bahwa sebanyak 26 pelajar yang terdaftar sebagai peserta ujian gagal lulus karena drop out.

"Lulus semua tapi indeks prestasi menurun karena penilaian kelulusan kali ini memang berdasarkan kemampuan akademik anak didik selama bersekolah," ungkapnya.

Menurutnya, pengumuman kelulusan UN SMP melalui media massa bertujuan agar tertib dan lancar serta menghindari penumpukan pelajar supaya tidak berbuat perayaan yang berlebihan.

Diberitakan sebelumnya, UN 2015 SMP sederajat di Dumai diikuti sebanyak 4.684 peserta didik yang berasal dari 51 sekolah negeri swasta sebanyak 3.838 siswa dan 846 pelajar MTS.

Selain itu, UN 2015 berbasis komputer hanya diikuti satu sekolah yaitu SMP Negeri 2 Dumai karena dinilai sudah memiliki kesiapan dan sarana pendukung yang dianggap memadai untuk menggelar ujian secara online.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement