Senin 08 Jun 2015 23:31 WIB

Banyumas Minta Tambahan Pasokan Elpiji 3 kg

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yudha Manggala P Putra
Elpiji 3 kilogram.
Foto: Prayogi/Republika
Elpiji 3 kilogram.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Menghadapi Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Banyumas meminta Pertamina melalui Hiswana Migas Banyumas menambah pasokan gas elpiji 3 kg. Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Banyumas, Sugiyanto, menjelaskan menjelang Ramadan dan Lebaran, Pemkab Banyumas, kebutuhan gas elpiji akan meningkat.,

''Kami berharap Pertamina melalui Hiswqana Migas bisa menambah pasokan gas elpiji 3 kg sebanyak 150 persen dari kebutuhan normal per bulan untuk wilayah Kabupaten Banyumas,'' jelasnya, Senin (8/6).

Menurutnya, penambahan pasokan itu terutama untuk memenuhi kebutuhan selama Bulan Ramadhan hingga Lebaran. ''Dengan adanya penambahan pasokan, kami berharap tidak sampai terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kg. Termasuk untuk kebutuhan beberapa hari sesudah lebaran,'' katanya.

Dia menyebutkan, dengan penambahan pasolan ini, maka penyaluran gas elpiji selama Bulan Juni dan Juli akan ditingkatkan. Untuk Juni, gas elpiji 3 kg yang disalurkan bisa sebanyak 1.065.032 tabung. Sedangkan pada Juli, bisa disalurkan sebanyak 1.159.770 tabung.

Namun tidak menutup kemungkinan, pasokan akan melebihi  jumlah tersebut,  karena permintaan elpiji dari tahun ke tahun menjelang Ramadan dan Lebaran selalu mengalami kenaikan. ''Pada bulan  Ramadan dan Lebaran tahun 2012, pasokan elpiji 3 kg baru sebanyak 815.400 tabung.  Namun tahun 2013, meningkat menjadi 1.255.716 tabung dan tahun 2014 meningkat lagi menjadi 1.381.267 tabung,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement