Ahad 07 Jun 2015 09:43 WIB

Tol Cikapali Siap Beroperasi 15 Juni

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Angga Indrawan
Tol Cipali diharapkan memecah kemacetan di jalur Pantura.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Tol Cipali diharapkan memecah kemacetan di jalur Pantura.

REPUBLIKA.CO.ID, BONE -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono mengatakan tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) siap diresmikan pada 15 Juni 2015 mendatang. Saat ini, perkembangan pembangunan tol yang sepanjang 116,5 km tersebut sudah mencapai 99 persen.

"Jalan tol Cikopo Palimanan setelah saya lihat tanggal 2 kemarin sudah siap untuk diresmikan," kata Basuki di Bone, Sulsel, Sabtu (6/6).

Menurut Basuki, pembangunan tol yang belum selesai yakni pemasangan rambu-rambu lalu lintas, lampu penerangan, serta pembangunan rest area. Ia pun mengaku telah mengirimkan surat kepada Presiden terkait persiapan peresmian jalan tol tersebut.

"Saya sampaikan ke beliau sekitar tanggal 15 bisa diresmikan, cuma putusannya terserah beliau tanggal berapanya. Tapi sudah siap untuk diresmikan tanggal 15 (Juni)," tambah dia.

Lebih lanjut, nantinya tarif dalam tol cikopo itu dipatok minimal Rp 700 per kilometer. Namun terdapat tambahan biaya terkait pembangunan tol yang saat ini masih dihitung.

"Tapi pada saat pelaksanaanya ada additional work, kan waktu pindah jalur itu daerah yang gak mau dilewati kan pindah jalur ke bukit salam yang berbatuan besar, itu menambah cost. Cost itu nanti akan dikompensasi apakah durasinya atau tarifnya, ini sedang dihitung," jelas Basuki.

Basuki pun berharap dengan beroperasinya tol Cikopo Palimanan ini dapat mengurangi jarak serta waktu tempuh perjalanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement