Kamis 04 Jun 2015 23:37 WIB

IPB Belum Terima Sampel Beras Plastik

Rep: C32/ Red: Karta Raharja Ucu
Beras plastik dari Cina (ILustrasi)
Foto: Listverse
Beras plastik dari Cina (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Kantor Hukum, Promosi, dan Humas Institut Pertanian Bogor (IPB), Yatri Indah Kusumastuti menyatakan mereka belum menerima sampel beras plastik dari Polri. Menurutnya, hal tersebut sudah dicek hingga hari ini belum ada sampel yang diterima.

 

“Hingga hari ini belum ada sampel beras plastik yang kami terima dari Polri," ungkap Yatri kepada ROL, Kamis (4/6). Menurutnya hal tersebut sudah dikonfirmasikan kepada bagian labolatorium teknologi pangan IPB.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada beberapa kemungkinan sampel beras tersebut akan diperiksa karena banyaknya labolatorium yang ada di IPB. Namun menurutnya, sampel tersebut jika sudah diterima akan diperiksa di Laboratorium Kimia Terpadu atau Labolatorium Teknologi Pangan.

 

Diketahui sebelumnya, Polri bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengumumkan hasil uji sampel temuan beras di Bekasi yang diduga sebagai beras plastik. Namun, hasil tersebut dinyatakan negatif atau bukan beras plastik serta adanya perbedaan dengan hasil penelitian Secofindo yang menyatakan positif.

 

Setelah adanya perbedaan hasil tersebut maka pihak Polri melakukan tindak lanjut untuk memperjelas hasil penelitian. Untuk itu pada Kamis (28/5), Polri menyatakan sampel yang diteliti oleh Sucofindo sudah diserahkan kepada IPB dan Universitas Indonesia (UI) untuk diteliti kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement