Sabtu 30 May 2015 07:41 WIB

‘Dino Patti Djalal Bagus Jaringan Internasionalnya’

Rep: c32/ Red: Satya Festiani
 Peserta konvensi capres Partai Demokrat Dino Patti Djalal (kiri) menemui Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di gedung DPR, Jakarta, Senin (3/3).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Peserta konvensi capres Partai Demokrat Dino Patti Djalal (kiri) menemui Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di gedung DPR, Jakarta, Senin (3/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik Charta Politika, Yunarto Wijaya menilai Dino Patti Djalal yang disebut-sebut sebagai calon sekretaris jenderal (Sekjen) Demokrat mempunyai keunggulan tersendiri. Menurutnya, keunggulan tersebut bisa dilihat dari pengalaman sebelumnya yang cukup mempunyai peran baik dalam hubungan luar negeri.

“Dino punya keunggulan dengan jaringan internasionalnya” kata Yunarto kepada ROL, Sabtu (30/5). Menurutnya, ia juga professional dalam mengemban tugasnya yangt mempunyai kualitas baik.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Dino juga mempunyai hubungan baik dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia menilai, Dino sudah cukup dekat dengan SBY diwaktu yang lama.

“Ya, menurut saya jika dibandingkan dengan Dede Yusuf maka mereka berdua sama-sama unggul. Ditambah lagi, Dino sekarang sepertinya tidak mempunyai jabatan publik sehingga dia tidak akan memiliki rangkap jabatan,”  jelas Yunarto.

Untuk itu, menurut Yunarto dengan pengalaman dan jaringan luas yang dimiliki oleh Dino  dalam politik luar negerinya patut untuk dipertimbangkan selain calon lainnya. Menurutnya, semua tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan Demokrat.

“Kalau memang Demokrat sudah merasa keadaan politik dalam negerinya bagus maka Dino merupakan pilihan tepat. Lalu kalau Demokrat mau memperluas cakupan visi misinya, maka Dino juga merupakan pilihan yang baik.

Diketahui sebelumnya, kini SBY setelah menjadi ketua umum Demokrat mempunyai satu kandidat selain Dede Yusuf. Kandidat yang dimaksud adalah Dino Patti Djalal yang dulu juga sempat dilantik oleh SBY sebagai wakil menteri luar negeri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement