Kamis 28 May 2015 20:07 WIB

Tim Formatur Mulai Susun Pengurus Demokrat

Rep: Agus Raharjo/ Red: Ilham
Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, didampingi Ketua Fraksi PD Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Penasihat Fraksi Agus Hermanto (kanan).
Foto: Antara
Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, didampingi Ketua Fraksi PD Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Penasihat Fraksi Agus Hermanto (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim formatur mulai menggelar rapat penyusunan pengurus partai Demokrat periode 2015-2020. Anggota formatur partai Demokrat, Syarief Hasan megatakan, 9 nama yang masuk dalam susunan formatur baru aka menggelar rapat penyusunan pengurus, Kamis (28/5) malam.

Ada 9 nama yang masuk menjadi tim formatur partai Demokrat. Yaitu, Ketua Umum Susilo Bambang Yudoyono (SBY), Syarief Hasan, E.E. Mangindaan, Amir Syamsuddin, Edy Baskoro Yudoyono (Ibas), Soekarwo, Hasan Basri, Ventje Rumangkang dan Zainul Majdi. Namun, menurut Syarief Hasan, nama-nama yang masuk sebagai anggota formatur belum tentu akan menduduki posisi vital di partai berlambang bintang mercy itu.

“Belum tentu, kita lihat saja nanti, kan baru nanti malam rapatnya,” kata dia pada Republika, Kamis (28/5).

Mantan ketua harian partai Demokrat ini menambahkan, susunan kepenngurusan yang akan disusun untuk partai Demokrat 5 tahun ke depan ini memungkinkan untuk memasukkan nama-nama tokoh di luar partai Demokrat. Artinya, kata dia, Demokrat terbuka bagi siapapun yang ingin masuk. Namun harus melalui penjenjangan di partai.

“Ya internal dan eksternal, dua-duanya bisa masuk, orang baru bisa masuk,” imbuh Syarief Hasan.

Namun, Syarief tidak ingin berspekulasi nama-nama yang akan masuk dalam kepengurusan partai Demokrat nanti. Beberapa nama sempat muncul menjadi kandidat Sekretaris Jenderal menggantikan Ibas, seperti Dino Patti Jalal dan Dede Yusuf. Selain itu Gubernur Jawa Timur, Soekarwo juga memiliki kans besar untuk menduduki posisi strategis di partai itu.

Syarief meminta agar semua pihak tidak menebak-nebak soal kepengurusan. Sebab, kemungkinan besar SBY akan mengumumkan langsung susunan kepengurusan Demokrat pekan depan. “Sabar saja, nanti minggu depan atau paling lambat 2 minggu lagi pasti diumumkan,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement