Rabu 27 May 2015 15:13 WIB

Kata Pakar Kimia Soal Perbedaan Hasil Lab 'Beras Plastik'

Rep: C32/ Red: Yudha Manggala P Putra
Beras
Foto: Youtube
Beras

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Pakar Kimia dari Universitas Indonesia (UI) Asmo Wahyu menilai kasus temuan beras di Bekasi yang diduga sebagai beras plastik sudah diperjelas memang tidak mengandung bahan kimia plastik. Namun, adanya perbedaan hasil lab antara BPOM dan Sucofindo perlu diberkan penjelasan lebih mendalam.

“Yang saya khawatirkan, perbedaan hasil penelitian karena ada kesalahan penyampaian informasi,” ungkap Asmo kepada ROL, Rabu (27/5).

Menurutnya, kesalahan informasi tersebut terkait penyampaian hasil Sucofindo oleh Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kemungkinan apa yang mau disampaikan oleh Sucofindo tidak seperti apa yang disampaikan oleh Wali Kota Bekasi. Menurutnya, seharusnya yang menyampaikan hasil penelitian laboratorium oleh Sucofindo langsung.

Gini, mungkin saja apa yang disampaikan bukan yang dimaksud. Tapi karena sudah ada kesalahan informasi, Sufofindo jadi repot untuk memberikan klarifikasi, karena jika dilakukan dengan metode dan alat yang sama kecil kemungkinanya jika ada perbedaan hasil lab,” jelas Asmo.

Oleh karena itu, Asmo menilai setelah dipastikan beras di Bekasi tidak mengandung plastik maka harus dijelaskan kelanjutannya. Maksudnya, masih menurut Asmo, hasil penelitian Sucofindo harus dipublikasikan dari awal hingga akhir.

Diketahui sebelumnya, Kepala Polri, Jenderal Badrodin Haiti mengumumkan hasil pengujian sampel beras yang diduga plastik dari Laboratorium Forensik Mabes Polri, Badan POM, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.

Hasil lab menunjukkan beras plastik negative namun hasil tersebut berbeda dengan hasil lab dari Socufindo yang menyatakan positif mengandung senyawa plastik.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement