Selasa 26 May 2015 18:20 WIB

PKB Galang Solidaritas untuk Pengungsi Rohingya

Rep: agus raharjo/ Red: Taufik Rachman
Pengungsi Rohingya di dalam perahu.
Foto: AP Photo/Binsar Bakkara
Pengungsi Rohingya di dalam perahu.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dijadwalkan akan mengirim bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di wilayah Indonesia. Fraksi PKB di DPR RI sudah mengumpulkan bantuan untuk dikirim ke penampungan sementara pengungsi Rohingya yang mendarat di wilayah Indonesia.

Ketua Fraksi PKB, Helmy Faisal Zaini mengatakan saat ini PKB sudah mengumpulkan sekitar Rp 100 juta rupiah untuk diberikan pada warga negara Myanmar minoritas muslim tersebut. Selain uang,bantuan yang sudah terkumpul antara lain, sarung sebanyak 1000 , peci putih untuk ibadah,  obat-obatan dan makanan. Bahkan, PKB berencana mengirim anggota fraksi untuk mengantar langsung bantuan Kamis (28/5) nanti.

“Ini adalah bentuk solidaritas kemanusiaan internasional, pesan Gus Dur, kemanusiaan lebih tinggi dibanding politik,” kata Helmy Faisal Zaini di kompleks parlemen, Selasa (26/5).

Ketua tim yang diberangkatkan PKB, Marwan Dasopang mengatakan ada 4 titik tempat penampungan sementara pengungsi Rohingya. Menurutnya untuk masalah kemanusiaan, PKB tidak perlu memandang asal, agama atau suku.

Yang paling penting, kata dia adalah gerakan ini untuk menggerakkan masyarakat peduli pada kasus ini. “Meskipun Rp 100 juta tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka, tapi yang paling penting ini adalah bagian dari syiar dan tarbiyah,” kata Dasopang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement